Cegah Covid-19 dengan Tanaman Herbal

  • Bagikan
Infonesa, Informasi Indonesia, Berita Indonesia, Infografis, Infografis Indonesia, Indonesia, Infografis Politik, Infografis Ekonomi, Infografis Pendidikan, Artikel, Cerpen, Cerpen Indonesia, Infografik, Infografik Indonesia, Infografik Ekonomi, Infografik Pendidikan, Covid-19, Cegah Covid-19, Cara Mencegah Covid-19, Tanaman Herbal Penangkal Covid-19, Virus Covid-19, Pandemi Covid-19, Tanaman Herbal, Khasiat Tanaman Herbal, Olahraga Mencegah Covid-19: Cegah Covid-19 dengan Tanaman Herbal
“Cegah Covid-19 dengan Tanaman Herbal” | Foto ©Kerdkanno/Pixabay

KESEHATAN | INFONESA — Covid-19 diklaim sebagai virus yang berbahaya lantaran dapat menyebar dengan cepat. Puluhan ribu orang di seluruh dunia meninggal akibat virus ini. Untuk cegah covid-19, berbagai tindakan pencegahan telah dilakukan oleh masyarakat di Indonesia.

Menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh perlu dilakukan di tengah pandemi COVID-19 agar risiko Anda untuk terkena penyakit ini bisa berkurang. Berbagai cara tradisional dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah mengonsumsi tanaman herbal.

Tanaman herbal dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh, baik dalam bentuk jamu, teh, maupun obat tradisional. Namun, di antara beragamnya tanaman herbal di Indonesia, mana sajakah yang terbukti dapat memperkuat daya tahan tubuh?

Berikut adalah rangkuman tanaman herbal yang dapat memperkuat imunitas tubuh sekaligus cegah covid-19 :

1. Daun kelor

Daun kelor berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan asam amino dan antioksidan yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu, daun kelor juga berfungsi untuk memperbaiki segala kerusakan yang dapat disebabkan oleh virus Covid-19.

Antioksidan dan kalori yang rendah pada daun kelor dipercaya sebagai penghambat perkembangan mikroorganisme atau patogen yang mengancam bagi tubuh.

2. Cabe merah

Dikenal baik sebagai bumbu masakan, ternyata cabe merah juga memiliki manfaat meningkatkan sistem imun tubuh. Sistem pernapasan juga dapat diperkuat dengan kandungan askorbat pada cabe merah.

Cabe merah memiliki kandungan vitamin C dan zat besi sehingga menghasilkan kolagen untuk memperkuat sistem imunitas. Selain itu, cabe merah juga memiliki sifat antioksidan yang berfungsi sebagai pelindung dari bahaya radikal bebas.

3. Jahe merah

Jahe merupakan andalan masyarakat Indonesia untuk melegakan tenggorokan dan membantu melancarkan sistem pernapasan. Beberapa kandungan yang ada di dalamnya juga dipercaya dapat membantu memperkuat sistem imunitas untuk mencegah virus Covid-19.

Kandungan senyawa aktif gingerol diklaim dapat melawan respiratory syncytial virus Covid-19 yang dapat memperburuk kondisi orang yang terinfeksi.

Mengonsumsi jahe merah dapat diandalkan untuk mengurangi gejala seperti batuk dan flu dengan sensasi hangat yang dapat dirasakan di tenggorokan.

4. Kencur

Kencur adalah salah satu tanaman herbal yang berguna untuk memperkuat sistem imunitas pada tubuh. Tidak jauh berbeda dengan jahe, fungsi kencur ini juga dapat membantu sistem pernapasan agar tetap bekerja dengan baik.

Kencur mampu meningkatkan sel-sel spleen dan peritoneal yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas pada tubuh guna mencegah virus Covid-19.

5. Temulawak

Tidak hanya tampilannya, temulawak juga memiliki khasiat yang hampir sama dengan kunyit yakni berperan sebagai penangkal radikal bebas.

Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, mengonsumsi tanaman herbal yang satu ini secara rutin dapat mencegah masuknya sumber penyakit ke dalam tubuh.

6. Kunyit

Dengan tampilan khasnya yang berwarna kuning, tanaman ini sering juga sering dijumpai sebagai pewarna makanan alami. Dengan tingginya kandungan antioksidan dan kurkumin pada kunyit, membuat tanaman herbal satu ini dapat menjadi andalan Anda untuk mencegah virus Covid-19.

7. Mengkudu

Tanaman herbal berikutnya yang berguna untuk meningkatkan imun adalah mengkudu. Dengan rasanya yang cukup getir, ternyata mengkudu ini justru memiliki kandungan vitamin C dan beta karoten yang dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Mengkudu juga memiliki kandungan scopoletin yang membuatnya berperan sebagai antibakteri, anti-inflamasi, dan antijamur yang berguna untuk menangkal patogen yang berbahaya.

8. Jinten hitam

Jinten hitam digolongkan sebagai rempah-rempah sekaligus tanaman herbal yang bermanfaat bagi tubuh. Memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, jinten hitam dipercaya telah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu di India, Pakistan, dan Timur Tengah untuk mengurangi peradangan tubuh.

Selain itu, sifat antioksidan juga bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sehingga, tanaman ini cocok untuk diolah dan dikonsumsi di tengah pandemi virus Covid-19.

9. Cengkeh

Cengkeh dipercaya sebagai tanaman herbal yang memiliki sejuta manfaat di dalamnya. Sering digunakan untuk pelengkap bumbu masakan, cengkeh ternyata juga memiliki khasiat untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Kuncup bunga yang terdapat pada cengkeh disinyalir terkandung senyawa yang dapat meningkatkan jumlah sel darah dan membersihkan racun yang dapat berbahaya bagi tubuh.

10. Meniran

Meniran atau Phyllanthus niruri telah dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk berbagai macam penyakit di banyak negara. Ada bermacam-macam senyawa kimia yang dikandungnya, antara lain phyllanthin dan tannin.

Senyawa-senyawa ini terbukti bisa berfungsi sebagai antioksidan, antimikroba, antidiabetes, dan antikanker, sehingga ampuh digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bahkan, penelitian juga menunjukkan bahwa herba ini efektif dalam mengatasi penyakit yang berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

11. Daun kelor

Dalam daun kelor, terdapat banyak sekali senyawa dan nutrisi penting yang juga efektif untuk meningkatkan imunitas dan mencegah infeksi, antara lain flavonoid, anthraquinon, dan vitamin C. Kandungan vitamin C pada daun kelor bahkan 7 kali lebih banyak daripada yang ada pada jeruk.

Cara Lain untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dan Cegah Covid-19

Selain mengonsumsi ramuan tanaman herbal di atas, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, yaitu:

1. Olahraga secara rutin

Rutin berolahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Dengan berolahraga, peredaran sel darah putih menjadi lancar, sehingga tubuh dapat mendeteksi penyakit dengan lebih cepat.

2. Konsumsi makanan sehat

Untuk memiliki daya tahan tubuh yang kuat sekalius cegah covid-19, Anda harus membiasakan diri mengonsumsi makanan sehat. Contoh makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh adalah brokoli, bayam, yogurt, pepaya, kiwi, kerang, dan daging tanpa lemak.

3. Tidur yang cukup

Saat tidur, tubuh akan mengeluarkan protein yang berfungsi untuk melawan infeksi. Maka dari itu, kurang tidur dapat menurunkan daya tahan tubuh Anda. Jadi, atur pola tidur dengan baik agar imunitas tubuh tetap terjaga dan dapat cegah covid-19.

4. Kelola stres dengan baik

Stres dapat meningkatkan produksi hormon kortisol. Dalam jangka panjang, kadar hormon kortisol yang tinggi dapat menurunkan daya tahan tubuh. Jadi, usahakan untuk selalu mengendalikan stres, misalnya dengan melakukan meditasi atau relaksasi setiap kali beban pikiran menumpuk.

Terapkanlah cara-cara di atas agar kesehatan Anda tetap terjaga. Untuk mendapatkan manfaat tanaman herbal dalam meningkatkan daya tahan tubuh, Anda dapat memasukkan tanaman herbal tersebut ke dalam masakan atau dibuat jamu. Selain itu, Anda juga bisa memperolehnya dari suplemen herbal yang dapat dibeli secara bebas di apotek.

  • Bagikan